Satlantas Polres Pelalawan Giatkan Sosialisasi Bulan Tertib Helm 2023

0



Kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Kabupaten Pelalawan hingga saat ini masih cukup tinggi. Tidak hanya disebabkan oleh faktor infrastruktur jalan, namun kecelakaan juga mayoritas dipicu oleh kelalaian manusia atau human error.

Atas kondisi tersebut, Satuan Lalulintas (Sat Lantas) Polres Pelalawan turun ke lapangan untuk memberikan edukasi guna mewujudkan kesadaran seluruh masyarakat, khususnya kepada para pengguna roda dua. Salah satunya selalu menggunakan helm SNI saat berkendara dan membawa kelengkapan lainnya.

‘’Kegiatan ini sebagai bentuk kecintaan kita dari aparat kepolisian kepada masyarakat untuk mencegah dan mengantisipasi dan menekan terjadinya kecelakaan lalu lintas hingga fatalitas korban kecelakaan lalu lintas di jalan raya,’’ terang Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto SH SIK melalui Kasat Lantas AKP Akira Ceria SIK MM kepada Riau Pos usai menggelar sosialisasi program Bulan Tertib Helm 2023 di Jalan Lintas Timur di depan SMA Negeri 1 Pangkalankerinci.

Diungkapkannya, dalam pelaksanaan sosialisasi yang akan terus intens digelar hingga terwujudnya kesadaran masyarakat, pihaknya mengingatkan agar seluruh pengendara dan penumpang roda dua senantiasa menggunakan helm SNI saat berkendaraan dan pastikan diklik agar aman. Begitu juga dengan kelengkapan surat kendaraan lainnya.

Artinya, jauh ataupun dekat jarak tempuhnya dalam berkendara, jadikan menggunakan helm SNI sebagai budaya tertib berlalu lintas untuk melindungi kepala pengendara.

‘’Untuk itu, kami mengajak masyarakat pengendara sepeda motor, pakailah helm sebagai pelindung. Serta melengkapi seluruh kelengkapan dan surat-surat kendaraan,’’ paparnya.

Ditambahkan mantan Kasat Lantas Polres Dumai ini, selain imbauan penggunaan helm SNI, pihaknya juga berharap kepada orang tua yang masih memiliki anak di bawah umur, agar tidak memberikan kebebasan kepada anak-anak yang masih sekolah untuk membawa kendaraan. Artinya, kondisi ini membutuhkan pengawasan dan kerja sama dari para orang tua.

‘’Melalui sosialisasi ini, kita berharap masyarakat Kabupaten Pelalawan dapat terhindar dari kecelakaan di jalan raya. Dan diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mematuhi aturan dalam berlalu lintas, sehingga dapat mengantisipasi dan menekan kasus fatalitas laka lantas,’’ ujarnya.

Di akhir sosialisasi tersebut, Kasat Lantas berkesempatan membagikan helm SNI kepada pengendara roda dua, dengan harapan agar terbentuknya kesadaran masyarakat baik dalam menggunakan helm SNI ataupun melengkapi seluruh kelengkapan dan surat-surat kendaraan lainnya agar terwujud kamseltibcar lantas di Kabupaten Pelalawan.

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)